Perjanjian Exclusive vs Non-Exclusive Bagi Microstock Contributor

“Bolehkah karya vector kita yang sudah di upload / dijual di shutterstock, di upload lagi di tempat lain?!”



Assalamu’alaikum sobat desain.
Ternyata diantara kita masih banyak yang ragu, bahwa karya vector kita yang sudah dijual lisensinya di shuttestock BOLEH dijual lagi di website sejenis atau situs microstock lainnya.

Oh iya, belum merasakan asyiknya jual vector di shutterstock?!

Perlu kita ketahui, sobat desain…
Bahwa shutterstock adalah situs menjual royalty karya dengan perjanjian non-exclusive bagi para kontributor. Jadi kita diberi kebebasan menjual karya di situs sejenis (microstock) lainnya.

Dan perlu kita ketahui,
yang dijual dalam hal ini adalah lisensi (hak pakai) artinya copyright atau hak cipta tetaplah milik kita. Kecuali ada perjanjian khusus yang menyebabkan hak ciptanya juga terjual dengan harga tinggi sekali beli secara exclusive di situs lain seperti dreamstime misalnya (penjelasan untuk hal ini ada dipertengahan artikel ini).

Nah sekarang pertanyaan yang terbesit dibenak kita adalah…

APA SIH PERJANJIAN EXCLUSIVE & NON-EXCLUSIVE BAGI MICROSTOCK CONTRIBUTOR?

Perjanjian Exclusive
Perjanjian exclusive adalah suatu perjanjian dimana kita meng-exclusive-kan karya atau status keanggotan kita di sebuah situs microstock. 

Nah ini pun banyak macamnya. Setiap agency punya fitur tersendiri. Antara lain:
  • Exclusive Artwork, artinya hanya karya kita saja yang dijual secara exclusive di tempat tersebut dan tidak boleh dijual di tempat lain.
  • Exclusive Contributor, artinya baik karya maupun orangnya harus terikat secara exclusive di agency tersebut. Karyanya tidak boleh dijual ditempat lain, orangnya pun tidak boleh bergabung di agency sejenis (microstock) lainnya.
Keuntungan Perjanjian Exclusive yang paling menonjol adalah diberikan harga tinggi sesuai kebijakan dari masing-masing microstock agency tersebut.

Sebagai contoh:
“Dreamstime memberikan bayaran hingga $150 perkarya yang dijual $250, tapi karya tersebut harus dijual putus copyright (hak ciptanya jadi milik pembeli) dan harus dipastikan karya tersebut tidak dijual ke tempat lain. Ketika terbeli dengan fitur ini, kita pun tidak berhak mengklaim bahwa karya ini milik kita.

Bagi teman-teman yang mau jualan sebagai non-exclusive pun bisa.
Karena dreamstime memang menawarkan 2 pilihan tersebut.
Beminat daftar dreamstime? Silahkan Klik disini!

Konsekuensi Perjanjian Exclusive yang perlu di ketahui adalah keterikatan entah itu karyanya saja ataupun orangnya, sehingga kita tidak bisa menyebar karya yang sama ditempat lain, hingga tidak bisa merasakan peluang terjualnya karya di tempat lain. 

Bahkan ketika situs microstock tersebut bangkrut karya kita pun ikut tenggelam bersama micrstock yang kita terikat tersebut. Dan microstock lain enggan menerima karya-karya kita karena mereka biasanya tau, bahwa karya kita sudah jadi milik microstock yang tenggelam / bangkrut tersebut.

Perjanjian Non-Exclusive
Perjanjian exclusive adalah suatu perjanjian dimana kita TIDAK meng-exclusive-kan karya atau status keanggotan kita di sebuah situs microstock.

Artinya kita bebas menebar karya illustrasi vector, foto, footage disitus microstock lain, bahkan karya yang sama sekalipun.

Kuntungan Perjanjian Non-Exclusive yang paling terasa adalah kebebas menyebar luaskan karya di banyak tempat dan merasakan peluang berpenghasilan dari banyak tempat. 

Kita pun jadi dikenal orang secara luas, karena portfolio kita ada dimana-mana. Dan bukan mustahil jika anda nanti di kontak orang untuk bekerjasama dalam sebuah projek desain.

Konsekuensi Perjanjian Non-Exclusive adalah kita dibayar dengan harga standar yang telah ditetapkan, tidak ada tawaran special dari segi harga dan fitur penjualan dari tiap-tiap agency tersebut.

Nah demikianlah penjelasan bagi teman-teman tentang,
Perjanjian Exclusive vs Non-Exclusive Bagi Microstock Contributor.

Jadi kalian mau pilih yang mana?!
Di bayar agak mahal tapi terikat?
Atau dibayar secara biasa-biasa saja tapi bisa menyebar ke banyak tempat?
Pilihan ada di tangan kita ya, sesuai tujuan masing-masing.

Jika kalian ingin menyebar portfolio di banyak microstock,
saya sangat merekomendasikan situs-situs berikut ini:
Butuh insprasi dan ide dalam melancarkan penjualan vector teman-teman?
Silahkan kunjungi facebook atau channel youtube saya ya!

Demikian dari saya selamat mencoba,
semoga info tersebut bermanfaat untuk kita semua.

Salam,

Comments

  1. bang klo di POND5 itu exclusive atau non-exclusive?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak main pond5, namun saya cek webnya untuk menjawab pertanyaan, mas. Teryata ada 2 pilihan mas, bisa non-exclusive bisa juga exclusive :)

      Delete
  2. Mas, aku mau tanya kalau gambar illustrasi 3D dan foto apa bisa juga dijual dilain microstock misal sudah kita jual ke shutterstock.
    Terimakasih Mas 🙏🏻

    ReplyDelete

Post a Comment